Popular Post

Popular Posts

Posted by : read the blog Friday, January 26, 2018




pengertian Partisi dan Mengenal Jenis File system
                                                 Assallammulaikum wr.wb

                  Mungkin anda pernah dengar tentang partisi , ( sudah tidak asing lagi di telinga anda ) tapi di sini saya mau berbagi sedikit ilmu untuk anda tentang partisi , sebelum kita membahas tentang partisi mungkin anda ingin membaca juga tentang PERAKITAN PC jika anda ingin membaca tentang perakitan pc   bisa klik di sini.
     Sekarang mari kita membahas tentang partisi.         

   
           Partisi merupakan sistem pembagian fisik pada sebuah harddisk, sehingga sebuah partisi diperlukan dan mutlak ada pada sebuah harddisk.pada sebuah harddisk anda dapat membuat lebih dari satu partisi ,sedangkan ukuran dari partisi tersebut dapat kita tentukan seseuai dengan kebutuhan.
Untuk membuat partisi pada sebuah harddisk anda dapat menggunakan     salah satu program berikut; FDISK,DM( DISK MANAGER) ,PARTITON MAGIC dan lain sebagainya.

-# Mengenal jenis File System

             Sebuah harddisk yang sudah terpatisi tidak dapat langsung di gunakan.    Partisi pada harddisk tersebut harus di format terlebih dahulu dengan file system.fungsi dari file system tersebut adalah untuk menentukan tipe dan format penyimpanan dari file data yang nantinya akan kita buat.
Pada system operasi Windows,ada 3 jenis file system yang kita kenal ,yaitu:

- FAT ( File Allocation Table) adalah file system yang digunakan untuk system operasi pada Windows 3.1            dan windows 95. File ini mendukung penggunaan partisi hanya sampai 2 gigabyte dan dapat men                   menyimpan file sampai 65.000

- FAT32 ( File allocation Table 32 bit) adalah file system yang di gunakan untuk.  System operadi windows                 95 ,windows98 ,windows NT,Windows 2000 ,dan windows XP.FAT 32 Mampu mengatasi batas               maksimum pada file system FAT fersi sebelumnya.

- NTFS( New tecnologi file system) adalah system yang digunakan untuk sistem operasi windows NT                      ,windows 2000 ,dan windows XP, File ini mendukung harddisk berkapasitas besar ,di bandingkan                 dengan 2 file system versi sebelumnya .NTFS ini memiliki kelebihan pada sescurty atau keamanan                 data yang lebih terjamin.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tutorial Komputer and web - Don Donn - Powered by Blogger - Designed by Si Don Donn -