Popular Post

Popular Posts

Posted by : read the blog Friday, January 26, 2018




Perangkat keras media penyimpanan (Harddisk)
HARDDISK
Harddisk merupakan sebuah media yang dipergunakan sebagai media penyimpanan.Harddisk di bedakan menjadi 3 yaitu:
1.IDE( Integrated Device Electronics) ataudi kenal juga dengan istilah ATA( Advanced Technologi Attachment) mmerupakan desain antarmuka harddisk dengan controller yang terintergerasi di dalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 Dan Ultra ATA Dengan menambahkan berbagai kelebihan ,di antaranya kemampuan untuk memberi informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatkan kecepatan akses.Harddis jenis ini dikenal dengan istilah PATA( parallel Advanced technologi Attachment) karena berkerja dengan sistem paralel.
2.SATA( Serial Advanced technologi Attachment)merupakan jenis Harddisk yang dalam pemasangannya dalam satu kabel SATA hanya dapat digunakan untuk koneksi satu buah harddisk saja.Dengan demikian ,bandwidth transmisi dapat lebih maksimal pada harddisk jenis   SATA dibanding dengan harddisk jenis PATA.
3.SCSI ( Small computer system interfance) merupakan jenis harddisk yang sering dipakai pada PC server.dalam menggunakan harddisk jenis ini diperlukan card tambahan (I/O Card) yang berfungsi sebagai penghubung antara harddisk dengan motherboard.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tutorial Komputer and web - Don Donn - Powered by Blogger - Designed by Si Don Donn -