Popular Post

Popular Posts

Posted by : read the blog Friday, January 26, 2018




perangka lunak(Cache Memory)
Cache Memory adalah jenis memory yang berukuran kecil tetapi memiliki kecepatan sangat tinggi.Cache memory terletak pada IC(Intergrated Circuit) prosessor atau di dekat prosessor. Cache memory dipergunakan sebagai tempat penyimpanan sementara(temporer) intstruksi dan data yang terakhir kali dipergunakan oleh CPU. Hal ini akan sangat berguna untuk menghemat waktu dalam mengakses kembali insteruksi dan data tersebut. Sewaktu insteruksi  dan data dibaca atau di tulis pada memory ,salinan beserta address pada memory akan disimpan pula pada cache. Dengan demikian, sewaktu data di perlukan maka prosessor akan membaca dari chache dan tidak akan mencari pada memory.
Proses ini akan sangat menghemat waktu dalam mengakses sebuah data . apabila dalam cache memory penuh maka secara otomatis akan ada data yang di hapus dan kemudian di gantikan dengan data yang terakhir di pakai oleh prosessor .
Cache memory di bagi menjadi dua yaitu :
L1(level one)cache atau di sebut juga dengan primary cache merupakan memory yang pertama kali diakses apabila prosessor membutuhkan suatu data.
L2(level two) cache  atau di sebut juga dengan secondary cache memiliki kapasitas yang lebih besar dari L1 cache tetapi memiliki kecepatan yang lebih lambat di bandingkan L1 Cache.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tutorial Komputer and web - Don Donn - Powered by Blogger - Designed by Si Don Donn -